Posted by : Travelafin Senin, 18 Mei 2015

Pulau Wangi-wangi atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan Pulau Wanci adalah sebuah pulau di Sulawesi Tenggara yang terkenal dengan keindahan lautnya. Pulau Wangi-wangi merupakan merupakan wilayah Kabupaten Wakatobi dan sekaligus menjadi pusat administrasi di Kabupaten Wakatobi. Nama Wakatobi sendiri merupakan kepanjangan dari empat pulau utama yaitu Wa dari Wangi-wangi, Ka dari Kaledupa, To dari Tomia dan Bi dari Binongko. Pulau Wangi-wangi merupakan pintu gerbang menuju Taman Laut Wakatobi yang menyimpan keindahan dunia bawah laut yang mempesona, kaya dan megah.

Untuk menuju Pulau Wangi-wangi, Anda bisa memilih penerbangan dari Jakarta menuju Kendari atau menuju Bau-bau. Dari Kendari, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal ferry kayu dari Pelabuhan Kendari ke Pulau Wangi-wangi. Kapal berangkat 4 kali dalam seminggu, yaitu senin, selasa, kamis, dan sabtu jam 09.00 WITA (Tahun 2014) dengan waktu tempuh sekitar 10 jam. Begitu juga sebaliknya. Jika melalui Bau-bau di Pulau Buton, kapal ferry kayu berangkat setiap hari di malam hari jam 21.00 WITA (Tahun 2014) dengan waktu tempuh sekitar 9 jam. Apabila Anda ingin menghemat waktu dan mempunyai biaya yang cukup besar, perjalanan ke Pulau Wangi-wangi bisa menggunakan Pesawat Terbang dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar menuju Bandara Matahora, Wangi-wangi dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Namun, harus disesuaikan jadwal penerbangannya. Karena tidak setiap hari ada penerbangan ke Wangi-wangi dan setahu saya hanya Wings Air yang menyediakan penerbangan ke Wangi-wangi.

Saya dan kedua teman saya (Septi dan Icha), berkesempatan untuk mengunjungi WAKATOBI. Kami bertiga berangkat dari Jakarta menuju Pulau Wangi wangi melalui Kendari, Ibu Kota Sulawesi Tenggara. Kami menginap semalam di Kota Kendari. Keesokan harinya, kami bergegas menuju Pelabuhan Kendari menggunakan angkot dengan waktu tempuh sekitar 15-20 menit. Kapal Ferry yang membawa kami dan penumpang lainnya ke Wangi-wangi berangkat jam 09.00 WITA. Seperti biasa, terjadi keterlambatan keberangkatan alias Delay. Harga tiket kapal saat itu Rp 160.000,-. Tidak ada kelas-kelas nya di dalam kapal tersebut. Yang ada hanyalah penyewaan kamar dengan menambah biaya dihitung perjiwa sebesar Rp 80.000,-. Akhirnya kami memilih tempat yang telah disediakan, yaitu sesuai nomor di dalam tiket. Di dalam kapal ini, memiliki ranjang Dormitory, tersusun rapi dengan kasur tipis pas dengan ukuran badan kita (seperti kasur jika kita pergi ke Dokter). Terlentang, tengkurep, menoleh ke kiri teman-teman saya, menoleh ke kanan orang lain. Hahahaha…seru juga…Ada fasilitas karokenya juga loh..dengan TV layar datar, Micropone, DVD, tentunya artis-artis pendukung warga asli Wangi-wangi. Apalagi kalau bukan lagu Dangdut yang dinyanyikan. Yeaaah..Dangdut is the music of my country. Hehehe…lumayanlah ada hiburan untuk menghilangkan kejenuhan di kapal yang berlayar selama 10 jam. KHANMAEN – Jargon-nya si Icha..hahaha…Bosan?? tentu…dari ngobrol-ngobrol, tidur, bangun, minum, makan siang gratis yang lauknya sedikit tp nasinya banyak, ke toilet, tidur lagi, kebangun tetap belum sampai-sampai juga. Hahaha…makin seru..stag di kasur tipis ukuran sesuai badan. Selalu ingat, Nikmatilah setiap perjalanan Anda, kemanapun tujuan Anda, sesulit apapun perjalanan Anda, Nikmatilah!!! Disarankan membawa cemilan dan permainan, misalkan kartu, atau monopoli untuk menghilangkan rasa jenuh. Kapal sempat berlabuh di Dermaga Enreke untuk menurunkan penumpang. Dermaga yang tidak terlalu besar dan saya pun menyempatkan foto-foto dari kapal.
Neng Septi - Akhirnya sampai juga di Kendari
Pagi hari di Teluk Kendari
Sudah tidak sabar melihat keindahan laut Wakatobi, sampai nyangkut itu tas
Ini Kapal-nya, menuju Wanci
Bergaya di Dormitory kapal menuju Pulau Wanci
Dormitory
Sunset saat perjalanan menuju Pulau Wangi-wangi
Akhirnya, sampailah kami di Pelabuhan Wanci, Wangi-wangi. Perjalanan laut yang luar biasa selama 10 jam membawa kami tiba di Pulau Wangi-wangi tepat jam 20.00 WITA. Kami pun dijemput oleh Mas Wadi (kalau tidak salah hehehe...) yang akan menjadi Guide selama di Wakatobi. Saya amati, pulau ini memang besar. Sudah banyak fasilitas dan akomodasi yang memadai di Pulau ini. Terdapat Bank, Rumah Sakit, Bandar Udara, Sekolah, Hotel, penginapan bahkan resort sudah tersedia di Pulau ini. Pantas saja pulau ini menjadi pusat administrasi Kabupaten Wakatobi. Setelah melihat-lihat suasana malam di pulau ini, Kami langsung diantar untuk makan malam. Harapan kami adalah menu makan malam dengan makanan khas dari Pulau ini. Ternyata, kami dibawa ke sebuah warung tenda dan makan pecel ayam khas jawa timur. Hahaha…memang banyak warung-warung tenda yang menjual masakan dari daerah lain. Sepertinya transmigran. Mungkin, karena sudah malam, jadi restoran yang menjual masakan khas pulau ini sudah tutup. Setelah makan malam, kami pun diantar ke penginapan dan beristirahat.

Pastinya semua wisatawan yang berkunjung ke Wakatobi untuk menyaksikan kekayaan bawah laut yang berlimpah dan eksotis dengan air laut yang jernih, terumbu karang yang mempesona, dan tentunya aneka hewan laut cantik yang memang menjadi magnet kuat Wakatobi. Tidak hanya bawah laut nya yang mempesona, Daratan Pulau ini juga kaya akan keindahan alam dan budayanya. Namun, belum banyak yang tahu (kurang informasi) kalau di Pulau Wangi-wangi juga terdapat objek wisata yang keren dan patut kamu kunjungi, diantaranya Wisata Gua Alam, Pantai-pantai, Puncak Toliamba, Kehidupan Kampung Bajo dan Pasar Malam Tradisional. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Puncak Toliamba Wakatobi. Puncak Toliamba merupakan salah satu objek wisata dataran tinggi. Dari atas puncak ini, kamu dapat menikmati pemandangan alam dan areal perkebunan penduduk yang ditanami beberapa tanaman. Di samping itu juga kamu dapat menikmati panorama laut dan sunset dari puncak ini. Puncak Toliamba terletak di Desa Waginopo Kecamatan Wangi-wangi. Jarak yang ditempuh untuk sampai ke tempat ini sekitar 1  1.5 jam dari pusat kota.
Puncak Toliamba
Perkampungan Suku Bajo di Pulau Wangi-wangi
Terdapat beberapa Gua air tawar di Pulau Wangi-wangi (Wanci). Salah satunya Gua air tawar yang kami kunjungi, yaitu Gua Kontamale Wanci. Kontamale berasal dari kata Konta yang artinya Pegang dan Male yang berarti Luntur. Jadi kata Guide maksudnya adalah siapa yang ingin berbuat jahat di Gua ini, niatnya akan luntur. Gua Kontamlae terletak di tengah Kota Wangi-wangi, di tepi jalan dan dekat dengan rumah penduduk. Jika masuk ke dalam, terihat beberapa bagian Gua yang asri dan rindang dinaungi oleh pohon-pohon yang besar sehingga membuat Gua ini menjadi teduh. Hal inilah yang membuat setiap pengunjung betah berlama-lama dan menikmati suasana di Gua ini. Gua Kontamale memiliki air yang jernih dan bersih. Walau sudah sejak lama dimanfaatkan warga sekitar untuk mandi dan mencuci, air di dalam Gua ini tetap jernih dan bening. Andai saja punya waktu lama berada di sini, ingin rasanya kami menceburkan badan dan merasakan air di Gua ini. Pasti asyik dan menyegarkan.
Gua Kontamale Wanci, Pulau Wangi-wangi
Setelah asyik menikmati suasana di Gua Kontamale Wanci, kami diajak Guide Lokal mengunjungi Masjid Tertua di Pulau Wangi-wangi. Masjid Mubarok Liya, Masjid tertua di Wakatobi ini didirikan pada tahun 1546 tahun sesudah pelantikan Sultan Buton pertama pada tahun 1538, masjid tertua sesudah Masjid Agung Keraton Wolio. Letaknya di atas bukit, di dekat Benteng Liya Togo.

Kawasan Masjid Mubarok - Liya
Setelah menikmati daratan Pulau Wangi-wangi yang kaya akan keindahan alam dan budayanya, akhirnya kami menikmati indahnya laut Wakatobi yaitu di Sombu Jetty. Spot ini salah satu andalan wisata bahari di Pulau Wangi-wangi. Jaraknya dekat dari kota ataupun hotel tempat kami menginap. Hanya kisaran waktu 10 – 15 menit untuk sampai ke Sombu Jetty dengan menggunakan mobil. Spot yang menjadi andalan Pulau Wangi-wangi ini, selalu ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Walau hanya sekedar berenang, snorkeling, menyelam ataupun hanya sekedar sunset. Tidak usah diragukan lagi akan keindahan perairan di Sombu Jetty. Begitu jernih, bening seperti kaca, memiliki terumbu karang yang indah. Sangat terlihat jelas sekali dari daratan.

Dari dermaga sudah terlihat jelas terumbu karang - Sombu Jetty
Sombu Jetty juga cocok untuk pemula yang ingin coba melihat indahnya laut lebih dalam lagi. Saya dan Septi mencoba Discovery Dive, ini pertama kalinya bagi kami yang masih pemula dan belum mempunyai License. Sedangkan Icha mengambil Open Water, karena sudah mempunyai License dan tentunya sudah mengerti tentang ”menyelam”. Sebelum menyelam, sebagai pemula wajib berkenalan sama gear yang akan kita pakai saat menyelam. Yang pertama itu Air Tank (tabung oksigen), Wetsuit, Fins, Mask & Snorkel, dive boots, dan yang ga kalah penting nih BCD (Bouyancy Compensator Divice) serta perintilan kecil yang seperti regulator, Pressure & Deep Gauge (alat pengukur isi tabung selama penyelaman dan tingkat kedalaman), serta Weightbelt (pemberat). Kami mendengarkan instruksi dari Dive Master yang akan menemani kami selama di bawah laut. Pelajaran yang singkat tentang menyelam. Semoga aman-aman saja di dalam laut. Banyak istilah-istlah dalam menyelam seperti Oke, Naik, Turun, Trouble, Jalan, Mengambang, Foto, dan lain-lain. Deg-degan?? Pastinya..karena ini pengalaman pertama saya menyelam.

Bergaya sebelum menyelam
Pas pertama turun dengan seluruh peralatan menyelam lengkap, ribet banget, panik, susah turun ke bawah. Awalnya naik-naik terus saat sudah di dalam. Mungkin karena panik, jadi pernapasan pun belum teratur. Itu yang bisa menyebabkan keracunan nitrogen. Akhirnya perlahan-lahan dengan dibantu Dive Master, bisa juga turun ke bawah. Dari 3 meter, lanjut ke 5 meter, 6 meter dan menuju 9 meter. Sungguh indah, kereeeen abiiiiss, tidak bisa berkata apa-apa. Terpukau saya melihat berbagai jenis ikan dan terumbu karang berbagai bentuk, ada yang datar, landai, cekung dan berbentuk dinding terjal sampai berbentuk gua-gua. Begitu juga beragam biota lautnya yang mengagumkan, cantik dan mempesona. Di saat saya sudah dalam posisi aman dan tenang di dalam laut, mulailah saya berfoto-foto. Di saat itulah, entah kenapa tiba-tiba saya merasakan sesak nafas, seperti kehabisan oksigen. Saya pun mulai panik. Saya sudah memberikan kode ”Trouble”, namun Dive Master memberikan kode ”Tenang”, tekan hidung jika telinga sudah mulai sakit. Bukan itu….rasanya pengen berbicara langsung di dalam air dan berkata ”Bang, Dada saya sesak, kehabisan oksigen” benar saja, masker saya lepas seperti ingin berbicara. Langsung buru-buru saya pasang lagi. Entah berapa liter air laut yang sudah masuk ke mulut saya. Panik..Panik.. dan Panik..itu yang saya alami. Akhirnya saya memutuskan ke atas (walau saya tidak tahu caranya bagaimana). Melihat saya memutuskan untuk naik (dengan cara yang salah), Dive Master pun membantu saya sampai ke atas. Dengan nafas terbata-bata, batuk-batuk karena sudah banyak minum air laut, akhirnya saya tertolong juga. Alhamdulillah terima kasih ya Allah. Dive Master mengatakan “Kalau sudah di dalam laut, jangan kosong pikirannya. Fokus. Dan yang terpenting adalah jangan panik. Tidak boleh juga langsung naik. Ada langkah-langkahnya”. Saya pun hanya diam dan mendengarkan saja karena dada masih terasa sesak. Pada saat instruksi tentang istilah-istilah dalam menyelam, memang tidak diberitahukan untuk kode ”Sesak Nafas” (sebut saja istilah nya itu ya…) dan pelajaran menyelam yang singkat. Mungkin terlewatkan tentang hal itu. Satu sisi saya masih pemula, tidak tahu menahu soal meyelam harus berapa meter dulu untuk pemula, dan saya hanya mengikuti Dive Master yang menemani saya selama meyelam. Saya pun tidak liat Pressure & Deep Gauge (alat pengukur isi tabung selama penyelaman dan tingkat kedalaman). Disarankan, jika masih pemula, jangan sampai terlalu dalam saat menyelam. Cukup di kedalaman 5 meter saja. Saya menyelam kurang lebih 30 menit.

Sombu Jetty, Pulau Wangi-wangi

Menanti sunset di Sombu Jetty yang mempesona, hanya itu yang bisa menghibur saya untuk mengembalikan energi dan ketenangan dalam diri setelah kejadian saat menyelam tadi. Tapi, matahari terbenam pun tertutup awan tebal. Hanya terlihat semburat pancaran sinar matahari yang akan terbenam meninggalkan kami.

Itulah pengalaman Saya dan kedua teman saya (Septi dan Icha) dalam menjelajah Pulau Wangi-wangi, Wakatobi, mulai dari daratan dengan keindahan alam dan budaya hingga keindahan bawah laut Sombu Jetty, Pulau Wangi-wangi. Tidak hanya Pulau nya saja yang indah, masyarakatnya pun ramah dan mudah tersenyum.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan membuat teman-teman jadi ingin ke Wakatobi. Tak Ada Yang Seindah Negeri Sendiri, Ya Indonesiaku… Tetap jaga kelestarian alam Indonesia ya…

{ 5 komentar... read them below or Comment }

1. indahnya pulau wangi-wangi hmm apalagi di bawah lautnya itu loh engga kalah indah dari pulau :)

2. Udah pernah kesini dan masih pengen lagi~ Underwater worldnya wakatobi memang awesome!

3. Kapal dari Kendari sudah bagus ya sekarang. Perjalanan hanya 11 jam? Waktu tahun 2014 bisa sampai 14-16 jam lho.

4. Makasih infonya ..
    share sedikit website kita ya http://www.oksport.net